Kenapa memilih menggunakan vultr

Pertama kali belajar VPS karena keterpaksaan , saat itu saya memilih menggunakan Digital Ocean karena banyak pembahasan internet yang menyarankan itu. Selain itu juga karena pertimbangan ingin menggunakan kupon gratis sebesar $50 dari email google for students (kebetulan universitas saya bekerja sama dengan google). Bagi anda yang tidak punya email google for students bisa tetep daftar, coba cari saja tipsnya di internet.

Sebenarnya ada beberapa website menyarankan mengunakan Vultr yang lebih murah hingga setengah harga dengan spesifikasi yang sama dari Digital Ocean. Tapi saya tunda hingga habis dahulu saldo yang ada di Digital Ocean.

Saat saldo hampir menipis, sebenarnya saya masih bimbang mau ganti Vultr. Tapi setelah baca artikel https://www.webstack.de/blog/e/cloud-hosting-provider-comparison-2017/, saya mantap berpindah ke VPS.

Sama seperti di Digital Ocean, di Vultr juga menyediakan coupon yang bisa anda gunakan saat pendaftaran pertama kali. Kebetulan saya dulu dapat kupon VULTRMATCH (deposit $5 dapat bonus $5, maksimal $100), jadi saya maksimalkan $100 biar dapat bonus $100 juga.



Kupon tersebut ada batas promonya, jadi sebelum mendaftar coba browsing dahulu untuk penawaran kupon lainnya, atau bisa daftar menggunakan link referral saya untuk dapat bonus $20 langsung.

 

Pembahasan VPS

Bagi yang belum paham VPS itu apa saya akan menjelaskan sedikit. Hosting, VPS, dan Dedicated Server jika di ibaratkan sebuah rumah itu adalah Tanah. Sedangkan domain berperan sebagai alamat rumah tersebut.

Sedangkan Hosting, VPS, dan Dedicated Server berbeda tingkatan dalam hal manajemen dan fisik server tersebut.

Untuk lebih jelasnya, kita umpakan server adalah komputer rumah kita. Hosting merupakan tingkatan paling mudah atau awam bagi pengguna. Dalam satu komputer sudah terinstal satu operating system, selain itu juga sudah terinstal berbagai aplikasi yang sudah siap digunakan. Apabila kita menyewa hosting, maka kita sebenarnya hanya menggunakan sebuah folder yang telah disediakan dalam satu partisi.

Harga VPS lebih mahal dibanding hosting tetapi sebanding dengan apa yang didapat, tetapi penanganannya lebih sulit. Jika dalam hal hardware sama seperti hosting, masih satu perangkat komputer, hanya bedanya kita sudah mendapat partisi tersendiri dan jatah penggunaan CPU dan RAM yang lebih besar, tetapi masih dalam bentuk virtual. Kita diberi keleluasaan juga untuk menginstal operating system dan aplikasi apa saja yang di inginkan.

Dedicated Server sebenarnya sama seperti VPS dalam hal manajemen, bedanya hanya di segi hardware, karena apa yang kita sewa benar-benar dalam bentuk hardware fisik sepenuhnya milik kita, dengan kata lain bukan secara virtual.


Step pendaftaran Vultr

Untuk mendaftar di vultr atau provider VPS dari luar negeri setidaknya kita harus mempunyai paypal atau kartu kredit untuk alat pembayarannya. Karena kita diharuskan deposit minimal $5 terlebih dahulu saat pendaftaran.

Untuk pendaftarannya, kita buka website Vultr.com atau melalui link referral saya untuk dapat bonus $20. Isi email yang kita daftarkan dan jangan lupa isi password. klik link verifikasi email dari vultr yang telah dikirim ke alamat email anda. Isi deposit terlebih dahulu untuk ke tahap selanjutnya, jangan lupa untuk memasukkan kupon yang telah anda dapatkan di Internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *