Memasang domain di Nginx pada VPS tipe unmanaged

Server yang telah kita siapkan pada artikel Konfigurasi server dengan VPS unmanaged sudah siap sebagai sarana pendukung untuk website kita online, tetapi tidak dari segi manajemen.

Yang akan kita bahas kali ini adalah bagaimana menyambungkan domain dengan direktori (sebutan folder pada linux atau iOS) website kita, berbeda dengan xampp yang sudah menyediakan folder htdocs pada local untuk menaruh file, kita harus melakukan secara manual. Tapi disinilah salah satu kelebihan nginx, direktori tidak bisa sembarangan diakses dari luar sehingga lebih aman.

Apa yang perlu kita persiapkan? server yang telah siap dan terinstal web server nginx, database mariadb dan php-fpm seperti yang telah dijelaskan pada artikel Konfigurasi server dengan VPS unmanaged.

Serta sebuah domain yang tidak terpasang pada server manapun. Sebenarnya sama saja seperti konfigurasi domain, tetapi saya akan menggunakan subdomain dari terataiilmu.com sebagai contoh.

 

mengarahkan domain ke IP server

Saya menggunakan domain dari rumahweb.com, jika anda beli domain ditempat lain, konfigurasinya tidak jauh berbeda.

Pada menu manajemen domain, masuk kedalam menu DNS management seperti di gambar

 

Klik tombol add new record

 

Input domain, dengan nama subdomain, jika kamu menggunakan domainnya, silahkan kosongi
Record type, ganti menjadi A
IP or Hostname, isi dengan ip yang kamu dapat di penyedia VPS (pada tutorial ini menggunakan vultr)



Tambahan: ini penting bagi yang ingin menyambungkan domain (bukan subdomain seperti contoh saya), kadang user masih ada yang mengakses website kita menggunakan awalan www (misal, www.domainkita.com). Untuk mengalihkan jika ada user kita mengakses www juga, maka kita perlu membuat record domain satu lagi (Ingat! ini untuk yang menyambungkan domain bukan subdomain).

Dengan pengaturan:
Domain, isi dengan www
Record Type, ganti ke CNAME
Hostname, isi nama domain kamu

 

Pengaturan pada sisi domain selesai, sekarang kita berpindah kembali ke server.

 

Konfigurasi disisi server

Buka aplikasi putty di windows atau gunakan terminal di linux dan OS, bagi yang belum tau apa itu putty dan bagaimana konfigurasi di windows dapat lihat di artikel instal putty dan cara membuat key ssh.

Masuk ke directory sites-available nginx dengan perintah

coba dilihat didalam direktori sites-available dengan ketik perintah ls

 

Jika server anda baru, maka hanya ada default, jika ingin lihat dapat dibuka dengan perintah nano default. Untuk mempersingkat waktu, silahkan copy script yang telah diringkas dibawah.

Ketik nano nama_apapun , karena pada sites-available saya terbiasa menamai sesuai nama domain, maka pada contoh ini saya menggetikan nano playground.terataiilmu.com , kemudian paste script di atas. tekan tombol ctrl + x , tekan tombol Y kemudian enter jika kita ditanya untuk disimpan.

 

Kita akan membahas blok warna hijau terlebih dahulu

Panah yang menunjuk baris root, adalah letak direktori dimana kita meletakkan script php kita, sama seperti dengan penamaan block di sites-available ini, saya terbiasa mengunakan nama domain agar mudah indentifikasi, silahkan jika ingin menggunakan nama dengan pola lain.
Panah yang menunjukkan baris server_name, adalah nama domain yang telah kita sambungkan dengan IP server kita di penyedia domain sebelumnya.
Ada tambahan, pada baris add_header, itu adalah script yang digunakan agar website kita tidak di index oleh google sehingga tidak akan muncul pada pencarian google, ini bertujuan jika website yang anda buat untuk diakses kalangan internal tertentu saja.

Blok kuning sebenarnya opsional terutama untuk subdomain, script tersebut berfungsi untuk mengalihkan orang yang mengakses website anda dengan awalan www. Tetapi hal ini agak krusial bagi domain, karena jika pengunjung tersebut mengakses website dengan www akan mendapat error atau situs tidak ditemukan, sehingga untuk jaga-jaga silahkan pasang bagi yang hanya menyambungkan domain.


Kemudian link kan file yang telah dibuat tadi dengan mengetik script dibawah, ganti nama file sesuai nama yang telah anda berikan.

Reload ulang nginx

Buat folder untuk menaruh file php yang akan kita upload sesuai konfigurasi di atas

Sudah beres? belum, tinggal satu langkah lagi. Nginx tidak mempunyai kuasa untuk mengakses direktori yang kita buat tanpa kita memberikan ijin, inilah salah satu kelebihan nginx dikombinasi linux dari segi keamanan.

Agar Nginx bisa dapat hak akses ke direktori kita, maka ketik perintah

Seperti biasa, propagasi membutuhkan waktu hingga 2×24 jam, anda harus menunggu hingga web

Untuk mengecek apakah konfigurasi website sudah benar, silahkan buat satu file index.php untuk mengetes.

ketik nano index.php pada direktori yang baru kamu buat lalu masukkan script dibawah

Tekan ctrl+x , kemudian ketik Y dan akhiri dengan tekan enter.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *