Tutorial dasar dan tentang nodejs

Nodejs adalah sebuah gebrakan baru didunia javascript,  dahulu kita mengenal bahasa pemograman yang berjalan disisi server hanya PHP, ASP, COLD FUSION, RUBY. Dan sekarang ada nodejs yang merupakan javascript  tetapi eksekusinya disisi server.

Mengenal sekilas tentang Javascript, Javascript adalah bahasa pemograman yang ada disisi client (browser), saat era koneksi lola atau loading lambat, javascript bahkan dimusuhi karena dalam penggunaan website dapat membuat proses download suatu halaman menjadi berat dan lama. Setelah memasuki era koneksi cepat, penggunaan javascript mulai dilirik kembali, karena dapat menambah elemen interaksi dan animasi dalam suatu website.

Tutorial dasar dan tentang nodejs

Nodejs dibuat oleh Ryan Lienhart Dahl, nodejs dibuat untuk digunakan sebagai server aplikasi web yang mempunyai kerja asyncronus dan perintah akan dieksekusi secara pararel.  Bingung ? Secara gamblang begini, jika di Apache, server akan mengeksekusi jika ada permintaan dari client A, kemudian datang permintaan lagi dari Client B dan seterusnya. Semua permintaan tersebut akan menjadi antrian menunggu permintaan sebelumnya dieksekusi, sehingga akan banyak memakan waktu dan resource.

Sedangkan di Nodejs yang notabene dieksekusi secara pararel, membuat pemrosesan lebih cepat, misalnya dalam chating, kita tentu tidak perlu menunggu jeda saat kita dan teman yang diajak chating mengirim pesan disaat bersamaan, jika membuat chating berbasis php, maka kita memerlukan javascript disisi klien untuk melakukan pengecekan berkala apakah ada perubahan pesan dimasing-masing client.

Instalasi nodejs di Windows

  1. Download terlebih dahulu nodeJS disitus resminya http://nodejs.org/
  2. Klik tombol Instal atau klik download, dan pilih instalan versi windows
  3. Instal file yang telah kita download tadi

    tutorial dasar dan tentang nodejs

    instalasi nodejs 1

  4. Klik next, tunggu hingga proses instal selesai

    tutorial dasar dan tentang nodejs

    instalasi nodejs 2

  5. Untuk mengecek apakah sudah berjalan dengan lancar apa belum, buatlah sebuah folder baru, sebagai contoh saya membuat folder dengan nama nodejs di C sehingga menjadi C:\\nodejs
  6. Buatlah sebuah file javascript baru dan beri nama “hello.js”. masukkan script dibawah ini untuk menjalankan javascript dari file dan melakukan eksekusi.

     
  7. Buka cmd, pilih direktori kita tadi dengan perintah CD C:\\nodejs
  8. Ketik node hello.js, maka akan muncul tampilan seperti ini

    tutorial dasar dan tentang nodejs

    instalasi nodejs 3

  9. Kita juga dapat langsung mengeksekusi script lewat cmd

    tutorial dasar dan tentang nodejs

    instalasi nodejs 4

Secara default instal, nodejs juga telah menyediakan program cmd sendiri, sehingga kita tidak perlu mengetikan perintah ’node’ lagi seperti kita saat membuka cmd default.

4 Responses

  1. donny says:

    tambah lagi dong tutorial node.js nya

    • admin teratai ilmu says:

      siap om, sebenarnya ada rencana buat bikin tutorial lainnya, tapi baru sibuk ngerjain proyek nodejs sambil nulis dokumentasinya, nanti akan saya share disini

  2. ajurna says:

    ikut nungguin tutorial selanjutnya. sedang pengen mengoprek si node tapi nyari2 referensi masih sedikit

    • admin teratai ilmu says:

      ditunggu aja om, baru-baru ini lagi sibuk benahi situs ini jadi belum sempet nambahin lagi. kalau ada waktu secepatnya diupdate, sering-sering main disini aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *